Rabu, 04 Januari 2012

Rahasia Sukses Habiburrahman El-Shirazy Belajar dari Novel “Ayat-ayat Cinta” (1)

0 komentar
Oleh Irwan Kelana

Habiburrahman berhasil menjadi salah seorang penulis Indonesia terkemuka. Dengan oplah ratusan ribu eksemplar untuk tiap judul novel yang ditulisnya – Ayat-ayat Cinta (AAC), Ketika Cinta Bertasbih (KCB) 1 dan 2, Dalam Mihrab Cinta, dan Bumi Cinta – dia membuktikan bahwa seorang penulis novel pun bisa menjadi miliarder.  ‘’Tiap bulan Habiburrahman mengantongi royalty minimal Rp 120 juta,’’ demikian tulis Koran Republika (4/1/2008).

Jadi, memang pantas kalau Habiburrahman dijuluki ‘Penulis Miliarder’, suatu pencapaian financial seorang penulis Indonesia yang selama puluhan tahun dianggap hanya merupakan mimpi. Jangankan miliaran rupiah, puluhan juta bahkan jutaan rupiah saja bukan main sulit untuk menembusnya.

Lalu, bagaimanakah caranya agar mampu menjadi penulis miliarder? Bisakah penulis-penulis ataupun calon penulis lain menjadi penulis miliarder juga? Mengapa tidak?!

Menulis adalah ketrampilan yang bisa dipelajari dan diasah. Bakat mungkin diperlukan, tapi persentasenya sangat kecil. Mungkin tak lebih dari satu persen. Sedangkan factor yang paling menentukan adalah kerja keras dan kesungguhan. Dalam berbagai acara bedah buku, temu penulis maupun pelatihan menulis, Habiburrahman sering mengutip omongan Thomas Alva Edison, yang melakukan percobaan  lebih dari 1.000 kali (bahkan ada yang mengatakan lebih dari 10 ribu kali) sebelum menemukan bohlam lampu listrik yang dengannya umat manusia di seluruh dunia bisa hidup dalam keadaaan terang-benderang. Thomas Alva Edison menegaskan, ‘’Sukses itu satu persen bakat, 99 persen cucuran keringat.’’

Hal senada diungkapkan pelopor penulisan fiksi Islami di Indonesia dan mantan Ketua Umum Forum Lingkar Pena (FLP) Helvy Tiana Rosa. ‘’Bakat itu hanya berkontribusi satu persen terhadap keberhasilan seorang penulis, selebihnya adalah kerja keras,’’ tegasnya.

Untuk menjadi penulis miliarder, kita tak perlu belajar jauh-jauh, dan tak harus menunggu Habiburrahman untuk bertanya apa rahasianya. Ambil saja novelnya yang berjudul Ayat-ayat Cinta. . Dari novel tersebut kita dapat belajar banyak untuk menjadi seorang penulis novel yang fenomenal, terkenal, dan kaya raya. (bersambung) 
...

Leave a Reply

 
my books © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here