Jumat, 13 Januari 2012

Rahasia Sukses Habiburrahman El-Shirazy

0 komentar

Belajar dari Novel “Ayat-ayat Cinta”  (6)

Oleh Irwan Kelana


Mari kita simak apa rahasia sukses Habiburrahman El-Shirazy melalui novel legendarisnya, Ayat-ayat Cinta (AAC). Bicara soal “detil” pada novel Ayat-ayat Cinta (AAC) inilah contoh-contohnya (lanjutan):




Karakteristik orang Mesir yang langsung reda marahnya kalau mendengar kata ‘’Sholli  ‘alannabiyyi’’ (mari bershalawat kepada Nabi):
‘’Ya jama’ah, shalli ‘alan nabi, shalli ‘alan nabi!’’ ucapku pada mereka sehalus mungkin. Cara menurunkan amarah orang Mesir adalah dengan mengajak membaca shalawat…. Di mana-mana, di seluruh Mesir, jika ada orang bertengkar atau marah, cara melerai dan meredamnya pertama-tama adalah dengan mengajak membaca shalawat…. Cara ini biasanya sangat manjur.’’ (hlm 44)
Orang Mesir keras kepala, namun luluh hatinya bila melihat kebenaran:
-- ‘’Berurusan dengan orang awam Mesir yang keras kepala memang harus sabar. Tapi jika mereka sudah tersentuh hatinya, mereka akan bersikap ramah dan luar biasa bersahabat. Itulah salah satu keistimewaan watak orang Mesir.’’ (hlm 46)
-- ‘’Bila kebenaran ada di depan mata, orang Mesir mudah luluh hatinya.’’ (hlm 46)
-- ‘’Salah satu keindahan hidup di Mesir adalah penduduknya yang lembut hatinya. Jika sudah tersentuh mereka akan memperlakukan kita seumpama raja. Mereka terkadang keras kepala, tapi jika sudah jinak dan luluh mereka bisa melakukan kebaikan seperti malaikat… Mereka mudah menerima kebenaran dari siapa saja.’’ (hlm 51)
-- ‘’Begitulah orang Mesir, selalu merasa benar. Dan nanti akan luluh jika berhadapan dengan kebenaran yang seperti matahari.’’ (hlm 48)  (Bersambung)



Leave a Reply

 
my books © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here