Jumat, 13 Januari 2012

Rahasia Sukses Habiburrahman El-Shirazy

0 komentar

Belajar dari Novel “Ayat-ayat Cinta”  (4)

Oleh Irwan Kelana


Mari kita simak apa rahasia sukses Habiburrahman El-Shirazy melalui novel legendarisnya, Ayat-ayat Cinta (AAC). Bicara soal “detil” pada novel Ayat-ayat Cinta, inilah contoh-contohnya:



Udara musim panas di Mesir (Cairo) yang sangat menyengat. ‘’Tengah hari ini, kota Cairo seakan membara. Matahari berpijar di tengah petala langit. Seumpama lidah api yang menjulur dan menjilat-jilat bumi. Tanah dan pasir seakan menguapkan baru neraka. Hembusan angin sahara disertai debu yang bergulung-gulung menambah panas udara semakin tinggi dari detik ke detik.’’ (hlm 15)
Atau, bagaimana penulis menggambarkan suasana di dalam metro:
‘’Padang pasir seperti mendidih. Semua penumpang basah oleh air peluh.’’ (hlm 34)
Simak pula cara penulis menggambarkan seorang petugas polisi yang tampak kurus kering:
‘’Panas sahara seperti menghisap habis darahnya.’’ (hlm 58)
Tempat-tempat penting di Mesir, seperti:
Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq yang terletak di Shubra El-Khaima, ujung utara Cairo, tempat talaqqi (belajar Alquran langsung kepada seorang ulama) pada Syaikh Ustman (hlm 16)
Hadayek Helwan, daerah tempat tinggal mahasiwa Indonesia (pada umumnya) di Cairo (hlm 18) Juga Nasr City. Seperti pembicaraan Aisha dengan Fahri:  ‘’Aku dengar dari paman, di Nasr City banyak mahasiswi Indonesia.’’ (hlm 102)
Masjid Indonesia Cairo di Dokki, Cairo, tempat KBRI (hlm 19)
Wisma Nusantara di Rab’ah El-Adawea, Nasr City, Cairo. ‘’Ia masih di Wisma Nusantara yang menjadi sentral kegiatan mahasiswa Indonesia. Gedung yang diwakafkan oleh Yayasan Abdi Bangsa itu terletak di Rabi’ah El-Adawea, Nasr City.’’ (hlm 67)
Tentang rumah-rumah penduduk di Mesir, berbentuk flat. ‘’Rumah-rumah penduduk tampak kotak-kotak tak teratur seperti kardus berjejer tak teratur.’’ (hlm 54)  (Bersambung)




Leave a Reply

 
my books © 2011 DheTemplate.com & Main Blogger. Supported by Makeityourring Diamond Engagement Rings

You can add link or short description here